Thursday, August 9, 2012

"Ikan Kecil dan Air"

Suatu hari seorang ayah dan anaknya sdang duduk berbncang2 di tepi sungai. Sang ayah berkata kepada anaknya, "Lihatlah anakku, air bgitu penting dalam kehidupan ini, tanpa air kita semua akan mati."

Pada saat yg bersamaan, seekor ikan kecil mendengar percakapan itu dari bawah permukaan air, ikan kecil itu mendadak gelisah dan ingin tahu apakah air itu, yang katanya begitu penting dalam kehidupan ini. Ikan kecil itu berenang dari hulu sampai ke hilir sungai smbil bertanya kepada setiap ikan yang ditemuinya, "Hai tahukah kamu dimana tempat air berada? Aku telah mendengar percakapan manusia bahwa tanpa air kehidupan akan mati."

Ternyata semua ikan yang telah ditanya tidak mengetahui dimana air itu. Si ikan kecil itu semakin kebingungan. Lalu ia berenang menuju mata air untuk bertemu dngan ikan sesepuh yang sudah berpengalaman, kepada ikan sesepuh itu ikan kecil ini menanyakan hal yang sama, "Dimanakah air?"

Ikan sesepuh itu menjawab dngan bijak, "Tak usah gelisah anakku, air itu telah mengelilingimu, sehingga kamu bahkan tidak menyadari kehadirannya, Memang benar, tanpai air kita semua akan mati."

"Manusia kadang2 mengalami situasi yang sama sperti ikan kecil, mencari kesana kemari tentang kehidupan dan kebahagiaanm padahal ia sdang menjalaninya, bahkan kebahagiaan sedang melingkupinya sampai2 ia sendiri tidak menyadarinya.

Terkadang kita tidak sadar bahwa apa yg kita miliki saat ini sudah cukup membuat kita bahagia.

Apa sih yg kita cari di kehidupan ini? Hidup adalah pilihan.

Jangan jga prnah mengira bahwa orang lain lebih bahagia dari kita.. Karena apa yg kita lihat dari orang lain itu hanya luarnya saja.. Dalamnya? Tidak ada yg tahu. Tapi kita seharusnya lebih tahu apa yg ada pada kita dan yg disekitar kita.

No comments:

Post a Comment