Wednesday, March 28, 2012

Rangkuman "Pencarian Informasi"

INFORMASI APA YG DICARI ?
- Informasi Kuantitatif. Membutuhkan jawaban mengenai kuantitas.
- Informasi Kualitatif. Membutuhkan jawaban mengenai pendapat atau penilaian.

HOW TO GET THE INFORMATION ?
- Primary Research. Pengumpulan dan penyusunan / penelitian atas data-data orisinil / asli yg didapat dari pelanggan atau calon pelanggan. Disebut jg sebagai st..udi lapangan / field research.
- Secondary Research. Penggunaan informasi yg telah dikumpulkan oleh orang lain dan disediakan utk digunakan oleh orang lain. Disebut jg sebagai desk research.


TAHAPAN STUDI LAPANGAN :
1. Tentukan tujuan riset.
2. Tentukan metode riset yg paling sesuai.
3. Tentukan sampel yg diinginkan dan siapa yang akan ditanyai.
4. Laksanakan riset.
5. Kumpulkan data dan analisa hasilnya.
6. Buat laporan.

TIPE-TIPE STUDI LAPANGAN :
- Kuesioner. Melalui pos, tatap muka langsung, melalui telepon. :
- Wawancara. Secara individu dengan tatap muka langsung atau telepon, atau wawancara secara kelompok.
- Panel Konsumen.
- Observasi.
   ~ Merekam
   ~ Mengawasi
   ~ Audit
- Eksperimen. Melakukan tes produk terbaru dan menilai reaksi konsumen terhadap produk tersbeut. Disebut juga sebagai test marketing.

METODE MANA YG DIPAKAI ?
Tergantung kepada :
- Tujuan penelitian. Contoh: mencari informasi kuantitatif --> observasi, eksperimen.
- Tipe barang atau jasa. Contoh: kuesioner --> cocok utk hampir semua barang dan jasa. Eksperimen --> untuk barang saja.

AKURASI RISET PASAR
Bergantung pada:
- Seberapa hati-hati kita menyusun sampel.
- Seberapa baik kita membentuk dan menyusun pertanyaan untuk memastikan jawaban yang jujur.
- Tipe sampel --> random / quota sample.
- Ukuran sampel --> semakin besar = semakin akurat.

SECONDARY RESEARCH
- Penggunaan informasi yg telah disediakan oleh orang lain --> lebih murah.
- Contoh:
   ~ Catatan penjualan
   ~ Data harga
   ~ Catatan / daftar pelanggan
   ~ Lapoan penjualan
   ~ Pendapat staff distribusi dan PR
   ~ Departemen keuangan
   ~ Departemen Customer Service
   ~ Koran, majalah.
- Sumber Internal
   --> Berasal dari sumber-sumber informasi di dalam perusahaan.
        ~ Dept. Sales
        ~ Data penyusunan harga
        ~ Catatan / list pelanggan
        ~ Pendapat dari pegawai distribusi atau SDM
        ~ Data dept. Keuangan.
        ~ Data dept. Customer Service
- Sumber Eksternal
    --> Sumber dari luar perusahaan
         ~ Bisa berguna walaupun ada beberapa keterbatasan.
         ~ Dikumpulan utk maksud lain selain research.
            * Data asosiasi perdagangan
            * Jurnal-jurnal penelitian
            * Kumpulan laporan riset
            * Koran
            * Laporan dan data statistik dari pemerintah --> untuk data populasi dan struktur usia.
            * Laporan media massa
            * Laporan agen riset pasar (market research agencies' reports)

SIAPA YANG MELAKUKAN RISET ?
- Melakukan sendiri
- Membauar agen riset pasar (specialist research agency)

No comments:

Post a Comment