Wednesday, April 18, 2012

Rangkuman - Peradaban

Peradaban Lembah Sungai Indus
Jazirah India trletak di Asia Selatan. India disebut jg Anak Benua Asia karena letaknya seolah" trpisah dari daratan Asia. Di India trdpat berbagai bahasa :
1. Bahasa Munda atau Bahasa Kolari
2. Bahasa Dravida
3. Bahasa Indo-Jerman
4. Bahasa Hindustani atau Bahasa Urdu
Mempelajari bahasa Sansekerta merupakan suatu upaya utk mengetahui perjalanan sejarah bangsa Indonesia pada masa lalu.
Parah ahli menyimpulkan bahwa di kawasan ini pernah berlangsung sebuah peradaban Lembah Sungai Indus, yg trkenal dngan nama Peradaban Mohenjodaro-Harappa (2300SM). Daerah Lembah Sungai Indus terletak di Barat Laut India. Sungai Indus berasal dari mata air Tibet, mengalir melalui Pegunungan Himalaya dan akhirnya bermuara ke Laut Arab. Panjang Sungai Indus kurang lebih 2900km. 
1. Keadaan Sosial budaya
    Penduduk Mohenjodaro-Harappa merupakan orang" yg cinta damai / tidak suka berperang karena dari hasil penggalian benda terdapat perkakas hiudp berupa benda tajam yg dibuat dngan baik. Namun, senjata seperti tombak, ujung anak panah, ataupun pedang, sangat rendah mutu buatannya. Di sisi lain, masyarakat Mohenjodaro-Harappa telah mempunyai tata kota yg sngat baik.
2. Perkembangan Kepercayaan
Masyarakat Lembah Sungai Indus telah mengenal cara penguburan jenazah. Namun masyarakat lebih menyesuaikan dngan peradaban tempatnya yaitu Mohenjodaro, peradaban ini melakukan pembakaran jenazah.  Objek yg umum dipuja adalah "Mother Goddess". Namun terdapat juga gambar lingga yg merupakan lambang Dewa Siwa. 
3. Politik dan Pemerintahan
Kondisi kehidupan perpolitikan  pada masa transisi, tampaknya mulai terganggu dngan menyusutnya penduduk yg ada di kawasan Lembah Indus tersebut. Mungkin saja penyebab menyusutnya penduduk di kawasan tersebut adalah tingkat peradaban bangsa Arya yg masih dalam thap mengembara sehingga membuat penduduk melarikan diri agar selamat ke tempat lain.
4. Faktor Penyebab Kemunduran
Penyebab runtuhnya peradaban Mohenjodaro-Harappa ialah adanya serangan yg berasal dari bangsa Arya. Mereka menyerbu dan memusnahkan seluruh kebudayaan bangsa yg berbicara bahasa Dravida ini.
5. Masa Arya
a. Perkembangan agama Hindu
   1) Fase Weda
       Kitab Weda terdiri 4 kitab :
       a) Regweda -> syair puji"an pada dewa.
       b) Samaweda -> nyanyian" utk upacara" keagamaan.
       c) Yajurweda -> doa" puisi dan prosa.
       d) Atharwaweda -> doa" utk penyembahan penyakit, ilmu sihir, dan doa" utk peperangan.
   2) Fase Brahmana
       Kaum Brahmana mendapat tempat yg tertinggi dlam agama Hindu disebabkan kemampuan mereka dalam menerjemahkan agama Hindu.


.............................
perut gw sakiit, jdi cuman sgitu yg sanggup gw rangkum.. Sorriiii ._.v

No comments:

Post a Comment